Aplikasi Excel Penghitung Usia Siswa

Kali ini blog aplikasi akan berbagi aplikasi praktis untuk menghitung usia peserta didik. Terkadang kita direpotkan karena suatu waktu diminta data usia siswa yang tepat seperti tahun dan bulan. Lewat aplikasi excel penghitung umur siswa ini pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Jika kita sudah memiliki data siswa khususnya tanggal lahir yang memang diperlukan utk aplikasi ini, maka kita tinggal mencopynya saja kemudian tinggal kita masukkan ke aplikasi ini. Jadi bisa diketahui sekaligus tanpa menginput ulang satu persatu.
aplikasi excel untuk menghitung umur peserta didik
aplikasi menghitung umur siswa

Bisa dicetak langsung atau di copy ulang untuk dipindah ke form excel lain. Aplikasi ini cukup ringkas hanya memuat nama, kelas, tempat dan tanggal lahir saja. Bisa digunakan untuk admin sekolah maupun guru sebagai database siswa.

Yang tertarik mencoba aplikasi hitung umur siswa silakan unduh di tautan ini.

Formulir Pengisian Dapodik


Dapodikdas versi 4.00 sebentar lagi akan dilaunching. Tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kita menggunakan aplikasi dapodik. Seperti penyiapan berkas, laptop/komputer yang sehat dan yang tak kalah penting formulir isian Dapodik.
Formulir Pengisian Dapodik unduh format formulir pengisian dapodik untuk siswa baru, guru dan sekolah. Formulir Pengisian Dapodik
Formulir Pengisian Dapodik
Dalam formulir isian dapodik yang akan saya bagikan ini terdiri dari 3 macam yakni form isian untuk sekolah, formulir isian PTK, dan formulir isian siswa. Berformat Pdf. Memang untuk sekolah dan guru serta siswa lama, rasanya sudah tidak dibutuhkan lagi form ini. Namun formulir isian dapodik ini tentunya berguna untuk siswa baru kelas 1 ataupun kelas 7 serta siswa mutasi.

Rekan operator tinggal mencetak kemudian menggandakan sesuai kebutuhan. Silakan klik tautan dibawah ini untuk mengunduhnya.
Form isian dapodik untuk siswa
Form isian dapodik untuk guru  Form isian dapodik untuk sekolah


Aplikasi Kisi Kisi, Kartu dan Pembuat Soal Ujian

Aplikasi kisi-kisi Soal
Aplikasi ini berbasis MS Excel. Fungsinya adalah untuk memudahkan guru dalam menyusun kisi-kisi soal ujian, kartu ujian dan soal ujian. Karena satu kali pekerjaan, semua perangkat kisi-kisi soal dari kartu soal sampai dengan kunci jawaban dapat terselesaikan. Hanya yang perlu menjadi catatan, sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan macro pada MS Excel anda sudah aktif. Aplikasi tidak akan berjalan apabila macro belum aktif.
aplikasi excel untuk membuat kisi kisi soal ujian, aplikasi membuat soal, dan kartu soal lengkap

Di sini akan saya share 2 contoh aplikasi, silakan rekan bapak ibu unduh keduanya. Mana yang dirasa lebih mudah dan cocok itu yang bisa dipakai.

Aplikasi Kisi Kisi, Kartu dan Pembuat Soal Ujian 1 disini
Aplikasi Kisi Kisi, Kartu dan Pembuat Soal Ujian 2 disini

Kisi Kisi Soal UKA Kemenag

Bila tak ada aral melintang sergur kemenag/PLPG akan dilangsungkan pada Agustus-Nopember 2015 nanti. Tentunya akan didahului dengan Uji Kompetensi Guru oleh masing-masing LPTK penyelenggara sergur Kemenag sekitar bulan Juli 2015.

contoh kisi kisi soal uka ukg guru kemenag tahun 2015 ukg kemenag online soal ukg kemenag

Berbicara mengenai Kisi kisi soal UKG guru kemenag agak sulit memang mencarinya. Disitus resmi kemenag maupun LPTK penyelenggara sergur kemenag pun tidak ada ditemukan. Namun setelah saya browsing kesana kemari saya temukan kisi soal UKA kemenag tahun 2013, di salah satu blog bekas peserta UKG. Pada dasarnya Kisi kisi UKA kemenag dengan sergur kemdikbud tidak jauh berbeda terutama terkait dengan hal kompetensi keguruan/umum, yang membedakan adalah kompetensi Pendidikan Agama. Nah silakan buat rekan guru kemenag yang pengen tahu kisi soal UKA kemenag bisa diunduh di link ini.Buka juga contoh soal UKA Kemenag

Instrumen Akreditasi SMA

 Instrumen Akreditasi ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi, oleh karena itu sebelum memilih jawaban pada butir-butir instrumen Saudara harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi.

Instrumen Akreditasi SMA
Instrumen Akreditasi SMA
Instrumen Akreditasi untuk SMA tahun 2015 ada beberapa point yang berbeda dengan tahun lalu, jika sekolah saudara akan melaksanakan akreditasi di tahun 2015 alangkah lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya mulai sekarang, sehingga tidak memberatkan nanti di pelaksanaan akreditasi.
Untuk Instrumen Akreditasi SMA 2015 dapat saudara unduh  di tautan ini

Aplikasi Jurnal Mengajar Jurnal Mengajar, Daftar Nilai Siswa, Perangkat Mengajar, dan Buku Kegiatan Guru

Masa liburan Idul Fitri udah mau habis. Saatnya Bapak Ibu guru menyiapkan segala sesuatu untuk tahun ajaran baru 2015 2016. Kali ini Blog aplikasi akan berbagi contoh format jurnal pembelajaran.
Jurnal pembelajaran harian merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang diperlukan oleh guru guna mencatat pelaksanaan pembelajaran setiap hari. jurnal pembelajaran dapat membantu proses sejauh mana kita telah mengajar serta menghandle siapa saja murid/guru yang tidak masuk atau yang tidak mengikuti proses KBM.

Jurnal pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh para guru. Jurnal pembelajaran berguna untuk mencatat pelaksanaan pembelajaran setiap harinya.

Guru harus memiliki jurnal pembelajaran yang merupakan salah satu indikator dari subkompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru, yaitu mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif. Jurnal pembelajaran merupakan salah satu bukti yang menggambarkan kinerja seorang guru.
Unduh di tautan ini Aplikasi Jurnal megajar guru
Jurnal pembelajaran merupakan catatan guru yang berisi tentang sejauh mana proses  pengajaran yang telah dilakukan. Jurnal termasuk salah satu perangkat pembelajaran yang harus selalu dibuat oleh guru setiap hari. Silakan klik pada tautan di bawah ini untuk melihat contoh contohnya
Jurnal Kelas
Jurnal Mengajar 1
Jurnal pembelajaran kurikulum 2013 2 Jurnal pembelajaran SD 3
Jurnal guru mata pembelajaran 4
Jurnal Guru Piket 
Contoh format jurnal pembelajaran

Aplikasi Stempel Excel


Entah apakah ini namanya aplikasi atau bukan. Yang bisa saya deskripsikan file ini merupakan sebuah file excel yang mirip stempel, wkwkwkwk jadi bingung sendiri saya. Lihat gambar dah.
aplikasi stempel format excel, aplikasi stempel sekolah bisa diedit a
Aplikasi Stempel Excel
Tulisan dalam file "aplikasi stempel basah" ini bisa diubah sesuai kehendak kita. Bagaimana cara menggunakannya. Atur aja deh sendiri. Silakan unduh di sini atau disini barangkali bermanfaat asal jangan digunakan untuk hal yang melanggar peraturan. hehehe. Silakan klik pada huruf lalu edit jetjetsemutnya.

Aplikasi Absen Siswa


Kali ini blog Aplikasi Pendidikan akan berbagi sebuah aplikasi khususnya untuk para guru yaitu aplikasi absen siswa yang berformat Excel. Aplikasi ini adalah buatan rekan Izul Firdaus.
Sangat mudah menggunakan aplikasi absensi siswa ini. Andatinggal mengubah nama guru/wali kelas dan kepala yang terdapat di halaman utama APLIKASI ini.
Aplikasi Absen Siswa

Terdapat juga menu untuk mengisi hari libur sekolah. Untuk pencetakan aplikasi ini berukuran kertas A4. Silakan sedo bagi anda yang ingin mencobanya

Aplikasi SKHU Madrasah


Kembali blog aplikasi akan berbagi sebuah aplikasi excel. Aplikasi pembuatan SKHU khusus untuk Madrasah. Tentunya aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan rekan guru maupun admin di Madrasah dalam membuat SKHU.
aplikasi excel untuk membuat SKHU dilingkungan madrasah. sangat mudah digunakan.
Aplikasi SKHU Madrasah
Dalam aplikasi SKHU untuk Madrasah ini tersedia menu input data lembaga, data siswa, input nilai mata pelajaran muatan lokal, umum dan input nilai hasil Ujian Sekolah.
Untuk mencetak juga tersedia tombol yang memudahkan kita. Selain itu tersedia juga menu pencetakan rekap nilai nya, cetak surat NISN, dan cetak pengumuman kelulusan. Silakan klik di sini untuk mencobanya


Peraturan tentang Masa Orientasi Siswa Permendikbud no. 55 tahun 2014


Masa liburan tinggal beberapa pekan lagi. Awal-awal hari pertama di sekolah biasanya diisi dengan kegiatan orientasi siswa. Dalam Permendikbud no. 55 tahun 2014 telah diatur mengenai panduan dan pedoman tentang MOS tersebut yang intinya berisi:
Masa Orientasi Siswa Baru

  1. Masa orientasi peserta didik sebagai pembinaan awal ke arah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran lebih lanjut
  2. Sekolah dilarang melaksanakan masa orientasi yang mengarah kpd tindakan kekerasan, pelecehan atau tindakan destruktif yang merugikan peserta didik baru
  3. Terkait masa orientasi, sekolah dilarang memungut biaya dan membebani orangtua dan peserta didik dalam bentuk apapun
  4. Kepala sekolah dan guru di sekolah yang bersangkutan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru
  5. Dinas pendidikan provinsi/kab/kota mengendalikan masa orientasi peserta didik baru menjadi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif & kreatif
Untuk lebih lengkap silakan klik Permendikbudnya di tautan ini

Pendataan EMIS Kemenag Semester Ganjil TP 2015-2016

Menjelang tahun pembelajaran baru 2015/2016 Dirjen Pendidikan Islam Kemenag telah mensosialisasikan Instrumen dan Aplikasi Pendataan EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016 yang disediakan olek Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam. Diharapkan satuan pendidikan yang berada di naungan Kemenag agar mengunduhnya di laman berikut ini

Format Pendataan EMIS Tingkat Raudhatul Athfal Semester Ganjil TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Semester Ganjil TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Tsanawiyah Semester Ganjil TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Aliyah Semester Ganjil TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Pengawas Madrasah Semester Ganjil TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)

Bidang PD Pontren
Format Pendataan EMIS Lembaga Pondok Pesantren TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Santri Pondok Pesantren TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Pondok Pesantren Penyelenggara Program Wajar Dikdas Salafiyah TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Santri Peserta Wajar Dikdas Salafiyah TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Lembaga Diniyah TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Lembaga Pendidikan Al Qur`an (LPQ) TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)

Bidang PAI
Format Pendataan EMIS Guru PAI Pada Sekolah TP 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Pengawas PAI Pada Sekolah TP 2015/2016 (Pengawas PAIS) (per 06 Juli 2015)



Perguruan Tinggi Islam
Format Pendataan EMIS Pendidik (Dosen) pada PTKI Tahun Akademik 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Tenaga Kependidikan (Non Dosen) pada PTKI Tahun Akademik 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Mahasiswa Reguler (Program Diploma dan S1) pada PTKI Tahun Akademik 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Mahasiswa Program Pasca Sarjana pada PTKI Tahun Akademik 2015/2016 (per 06 Juli 2015)
Format Pendataan EMIS Lulusan PTKI Tahun Akademik 2015/2016 (per 06 Juli 2015)

Juknis PIP/BSM Kemenag

Kepada anak usia sekolah dari keluarga pemilik KKS sebagai identitas/penanda untuk mendapatkan manfaat Program Indonesia Pintar apabila mendaftar di sekolah/madrasah, pondok pesantren, Kelompok Belajar (Kejar Paket A/B/C), lembaga pelatihan atau kursus. Penerima KIP adalah anak usia 6-21 tahun yang bersekolah maupun tidak bersekolah, yang berasal dari keluarga penerima KKS atau yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
Sebagaimana PIP di Kemdikbud, kemenag juga menerapkan program Indonesia Pintar untuk Bantuan Siswa Miskin (BSM). Juknis BSM Kemenag tertuang dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag NOMOR :751 tahun 2015
Petunjuk Teknis sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU digunakan sebagai acuan dan tata cara petunjuk perencanaan, pelaksanaan dan monev Bantuan Siswa Miskin Program Indonesia Pintar Tahun 2015. Silakan rekan guru Kemenag untuk mengunduh juknis PIP madrasah di tautan ini
.

Juknis (PIP) Program Indonesia Pintar Kemdikbud

Program Indonesia Pintar (PIP) melaui Kartu Indonesia Pintar ini merupakan kelanjutan  dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang mencakup siswa dari jenjang  pendidikan SD/MI,SMP/MTs,SMA/SMK/MA, dan siswa/warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar (PKBM)/lembaga Kursus dan pelatihan hingga anak usia sekolah seperti anak  jalanan, pekerja anak, anak-anak yang berada di panti asuhan dan anak-anak difabel dari rumah tangga/keluaraga dengan status ekonomi terendah secara nasional yaitu 15,5 juta Rumah Tangga.

Sekolah lewat operator Pendataan diharapkan agar menggunakan aplikasi online yang beralamat di pip.kemdikbud.go.id. Program PIP merupakan regenerasi dari program BSM. Untuk melihat panduan dan petunjuk PIP bisa diunduh;
1. Juknis PIP/BSM kemenag / madrasah
2. Juknis PIP kemdikbud

JUKNIS PENULISAN IJAZAH 2015

 PEDOMAN PENGISIAN BLANGKO IJAZAH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  1. Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah diakreditasi, sedang ijazah untuk Paket A, Paket B, dan Paket C oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  2. Ijazah dan hasil ujian/daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, Ijazah di halaman depan dan hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
  3. Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, diisi oleh panitia yang dibentuk kepala sekolah.
  4. Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C diisi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  5. Ijazah ditulis tangan dengan tulisan huruf yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  6. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.
  7. Ijazah yang salah dalam pengisian sebelum dimusnahkan disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang serta dimusnakan dengan berita acara yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK serta dinas kabupaten/kota untuk ijazah Paket A, Paket B, dan Paket Cyang disaksikan oleh pihak kepolisian.
  8. Jika terdapat sisa blangko Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK di sekolah, Kepala Sekolah mengembalikan sisa blangko Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotadengan disertai berita acara yang ditanda-tangani oleh kepala sekolah disaksikan oleh pihak kepolisian dan Dinas Pendidikan.
  9. Jika terdapat sisa blangko ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C di kabupaten/kota, Dinas Kabupaten/Kota mengembalikan sisa blangko Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi dengan berita acara yang


kLIK DI Tautan ini juuknis penulisan ijazah Kemdikbud
Untuk Kemenag buka di tautan ini

Aplikasi PSB/PPDB

Setelah tadi saya share mengenai contoh SK panitia PPDB, berikut akan saya bagikan aplikasi software PPDB nya  berbasis MS Excel. Dimana penggunaannya cukup mudah, dan bisa diedit sesuai keperluan. Aplikasi PPDB ini cocok digunakan untuk semua tingkatan baik SD, SMP maupun SMA. Penggunaan pun cukup praktis. Aplikasi ini dibuat oleh bapak Haryono. Terima Kasih Pak Haryono


 Silakan rekan operator untuk mengunduhnya di link ini 
Untuk Mts unduh disini

Contoh SK Panitia PSB/PPDB

Menjelang awal tahun ajaran baru sekolah biasanya membentuk panitian penerimaan siswa baru (PSB) atau kalo sekarang disebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dalam setiap pembentukan kepanitiaan atau kegiatan disekolah tentu di SK kan oleh Kepala Sekolah.

Begitu pula halnya kegiatan PPDB maka dibuatkan SK panitia PPDB berikut kami share contoh SK panitia PSB/PPDB. Silakan klik di tautan ini

Contoh SK Pembagian Tugas Guru

Dapodik versi 4.00 siap dilaunching. Tahun pelajaran barupun akan segera kita masuki. Tentu guru dan operator pendataan di sekoleh perlu mempersiapkan segala sesuatunya.

Untuk apa sebenarnya SK pembagian tugas ini? Banyak fungsinya sebagai contoh adalah sebagai berkas pelengkap kenaikan pangkat, dan tidak kalah penting sebagai bukti tertulis bahwa kita mengajar di sebuah sekolah. SK Pembagian Tugas ini dilengkapi kolom julmah siswa. Tentunya juga sebagai syarat pemberkasan pencairan tunjangan. Silakan klik ditautan ini untuk mengunduh contoh Pembagian Tugas Ajar Guru