Surat Menpan Perihal Penundaan Tes ASN/CPNS 2015

Pemerintah memutuskan untuk menunda seleksi penerimaan CPNS tahun 2015.  Kebijakan tersebut tertuang dalam surat Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi bernomor B/2163/M.PAN/06/2015 yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2015. 


Kebijakan ini dilakukan mengingat masih banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang belum menyelesaikan kewajibannya  dalam analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) dengan benar, serta perencanaan kebutuhan pegawai dalam 5 tahun. 


Unduh suratnya di tautan ini

Kisi Kisi (UN) Ujian Nasional 2016

BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan telah menerbitkan peraturan baru terkait Ujian Nasional 2016 termasuk Kisi Kisi UN nya. Lewat situs web http://bsnp-indonesia.org kita bisa mengunduh kisi kisi UN tersebut.
Kisi kisi UN SMP 2016, Kisi Kisi Soal Ujian Nasional SMA, SMK, Biologi, Fisika, Kimia,

Berikut disampaikan :
  1. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Peraturan BSNP Kisi-kisi UN Dasar Menengah 2015-2016);
  2. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tahun Pelajaran 2015/2016 (KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP 2016);
  3. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Sekolah Menengah Agama Katolik Tahun Pelajaran 2015/2016 (KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA 2016);
  4. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2015/2016 (KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK 2016).
Catatan: untuk Kisi-Kisi Soal Ujian Satuan Pendidikan Kesetaraan Tahun Pelajaran 2015/2016 segera menyusul.

Nilai UKG di bawah Standar, Guru akan "Diremedial"


Banyak isu yang mewarnai agenda UKG 2015 Nopember nanti. Resiko terbesra Ada yang bilang Tunjangan Profesi akan dipotong jika nilai dibawah standar. Bahkan ada yang mengatakan mereka yang ikut UKG akan mendapatkan tunjangan guru. Nah sebenarnya untuk apa UKG 2015 ini? Apa manfaatnya untuk guru dan Kemdikbud?

Uji Kompetensi Guru perlu dilakukan mengingat masyarakat dan peserta didik mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan guru yang berkualitas. Selain untuk membangun budaya mutu bagi guru, Uji Kompetensi guru sangat diperlukan untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai standar yang telah ditetapkan.
UKG 2015
Adapun tujuan dari Uji Kompetensi Guru adalah untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru (pedagogik dan profesional), sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru, sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol hasil pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Standar Nilai UKG

Dilansir dari situs kemdikbud, Untuk standar nilai UKG tahun 2015 ini dipatok 55. Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nurzaman menjelaskan, UKG ini digunakan sebagai pemetaan kompetensi guru. Acuannya adalah pada nilai standar minimal yang sudah ditetapkan 55. “Total nanti ada sepuluh kelompok hasil penilaian UKG. Mulai dari kelompok dengan nilai terendah hingga tertinggi,” jelas dia.

Kelompok guru yang ada di bawah 55 akan mendapatkan pelatihan khusus. Supaya mereka bisa meningkatan kompetensi. Sebaliknya bagi guru-guru yang mendapatkan nilai tinggi, disiapkan sebagai instruktur guru-guru dengan nilai rendah.

Aplikasi Alpeka BOS

ALPEKA BOS atau singkatan dari Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah merupakan aplikasi  microsoft excel yang ditujukan untuk membantu bendahara BOS sekolah untuk menyusun dan mengelola laporan keuangan BOS.  Diharapkan Aplikasi ini berguna bagi bendahara BOS dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan BOS.

ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS  Menurut Peraturan Mendiknas nomor 69 Tahun 2009, standar biaya operasi nonpersonalia adalah standar biaya yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi nonpersonalia selama 1 (satu) tahun sebagai bagian dari keseluruhan dana pendidikan agar satuan pendidikan dapat melakukan kegiatan pendidikan secara teratur dan berkelanjutan sesuai Standar Nasional Pendidikan. BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Tingkat Sekolah)
Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan. Sekolah dapat mengunduh/download secara gratis. silakan klik di tautan ini

Juknis dan Formulir E-PUPNS tahun 2015

PUPNS
Berdasarkan Peraturan Kepala BKN Nomor XX Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015, pemanfaatan teknologi yang dimaksud dilakukan melalui Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara.atau di alamat http://pupns.bkn.go.id
download Juknis pedoman panduan ebook PUPNS BKN.go.id untuk pengguna PNS disini Juknis ePUPNS untuk admin disini
juknis dan form pupns


Unduh di tautan dibawah ini
Formulir PUPNS di tautan ini
Juknis PUPNS untuk pengguna PNS disini
Juknis ePUPNS untuk admin disini
SURAT EDARAN SEKRETARIS JENDERAL NOMOR : SJ/B.II/1/Kp.01.1/07016/2015 TANGGAL 4 AGUSTUS 2015 TENTANG IMPLEMENTASI E-PUPNS TAHUN 2015 KEMENTERIAN AGAMA
Buka juga blog panduan PUPNS

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik PAUD-Dikmas

Dapodik PAUD DIKMAS merupakan aplikasi baru yang diluncurkan Kemdikbud. Sama seperti kakak pendahulunya Dapodikdas dan Dapodikmen untuk instal dapodik paud membutuhkan kode registrasi. Kode registrasi bisa diminta kepada admin kabupaten kota.

Berikut cara mendapatkan kode registrasi dapodik paud dikmas

Kode Registrasi dapat diunduh oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui website Manajemen PAUD-Dikmas ( http://118.98.233.177:616/ ).
Silahkan login dengan mengunakan username dan password Helpdesk yang telah diberikan. Jika Dinas Pendidikan Kab/Kota mendapatkan kesulitan dalam mengakses (lupa password helpdesk) dapat mengirimkan email dengan disertai hasil scan SK Tim Dapodik Kab/Kota ke helpdesk.dapodik@gmail.com. Sejak saat ini admin pusat tidak lagi mengirimkan kode registrasi melalui email ke Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Tips untuk mengunduh semua kode registrasi di kabupaten/kota dapat dilihat disini

cara mendapatkan kode registrasi dapodik paud paudni dikmas kemdikbud

Kami juga mengharapkan dengan sangat Dinas Pendidikan Kab/Kota melakukan pembaharuan data identitas terkait dengan kode desa atas NPSN satuan PAUD melalui mekanisme perbaikan data pada Verval-SP.

Mudahnya Menjadi Guru

Mudahnya Jadi Guru
Asal bergelar sarjana, bisa mengajarkan ilmunya, dan diterima di sekolah. Gampang banget 'kan jadi guru? Tak usah repot-repot belajar teori pendidikan, ilmu pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan konseling, kurikulum, teori pembelajaran, PPL, penelitian pendidikan atau pengembangan sumber belajar. Bikin ribet saja...

Namun, benarkah demikian mudahnya menjadi guru? Selama mengenyam pendidikan di LPTK, mahasiswa harus menempuh setidaknya-tidaknya 34 SKS tentang pedagogik. Mereka harus lulus dengan nilai minimal C untuk mata kuliah psikologi pendidikan (2), ilmu alamiah dasar (2), sosiologi pendidikan (2), pklh (2), adm dan supervisi pendidikan (2), bk (2), pengajaran bahasa dan sastra (4), pengajaran mikro (2), pengajaran remedial (2), penil pencapaian belajar (2), ppl (2), penelitian pendidikan (2), filsafat ilmu (2), kurikulum (2), teknologi pengajaran (2), dan ilmu pendidikan (2).


Saat ini, guru sedang menjadi sorotan. Ya, lagi-lagi guru yang menjadi perhatian. Pemerintah sedang galau karena kesalahan kebijakan masa lalu, yaitu dibolehkannya sarjana non-LPTK menjadi guru meskipun tidak memiliki Akta Mengajar IV. Maka, sebaiknya Pemerintah merevisi kebijakan itu agar pendidikan bisa dijalankan sesuai jalurnya. Tugas guru tidak hanya MENGAJAR meskipun banyak orang berpandangan demikian, termasuk Pemerintah.

Solusi PTK Tidak Lulus Verifikasi GTK

Barangkali kasus ini "PTK Tidak Lulus Verifikasi GTK" akan ditemui pada beberapa guru saat cek info guru di web info GTK. Apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?

Salah satu penyebab terjadinya status tersebut adalah karena nuptk, nrg dan nomor peserta.
Pada bulan Juli saat ditjen gtk terbentuk, maka data guru dari jenjang paud, dikdas dan dikmen disatukan.
Dari hasil penyatuan tsb, tidak semulus yg dibayangkan.. Ternyata banyak sekali nuptk yg digunakan lebih dari satu jenjang dengan data guru yang berbeda.
Ada nuptk sama, tapi nrg beda..
Ada nrg sama, nuptk beda..
Ada nuptk dan nrg sama no peserta berbeda.
Apa penyebab dan solusi jika di info PTK muncul tulisan PTK Tidak Lulus Verifikasi GTK, Tidak loos Verval GTK

Dari penelusuran admin blog infogtk.com jika guru menemukan kasus "PTK Tidak Lulus Verifikasi GTK" disuruh untuk menyiapkan berkas:

Format A1 saat sertifikasi (cari berkas tersebut saat anda mengikuti sertifikasi pertama kali)
Ijazah yang sudah dilegalisir
Sertifikat Pendidik
SK pembagian tugas mengajar terbaru.


Kumpulkasn ke dinas pendidikan agar diurus secara kolektif, Atau bisa juga datang langsung ke kantor Kemdikbud dengan melampirkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan

Perka BKN no 19 tahun 2015 tentang Pendataan Ulang PNS

Menurut Perka BKN nomor 19 tahun 2015 setiap PNS berkewajiban melakukan registrasi pendataan ulang PNS. Dalam Perka BKN ini dijelaskan mengenai pedoman (PUPNS) pendataan ulang PNS secara lengkap.  Pendataan ulang PNS (PUPNS) ini jelas dimaksudkan untuk mendata ulang PNS baik PNS daerah maupun instansi vertikal ini sesuai dengan Peraturan kepala BKN no. 19 tahun 2015.
Perka BKN no 19 tahun 2015 tentang pedoman teknis Pendataan Ulang PNS online di web bkn



Silakan unduh di tautan ini untuk pedoman lengkap e PUPNS. Untuk cara registrasi pendataan ulang bisa dibuka di cara pendataan ulang PNS